Rabu, Juli 09, 2008

Dhamir Mufrad + Isim 'Alam

Dalam pelajaran تعارف 1 , dari segi kaidah (nahwu) kita mempelajari tentang struktur kalimat dasar ضمير مفرد و اسم علم, di mana pembahasan tersebut mengenai :

أنا

Adalah kata ganti orang tunggal, bermakna "saya/aku" (laki-laki atau perempuan)

أنا digunakan untuk menyatakan kata "saya/aku" dalam bahasa Arab, baik yang menyatakan laki-laki atau perempuan. Contoh : Saya Ahmad, maka dalam bahasa Arab dinyatakan أنا أحمد. Atau saya Siti, maka dalam bahasa Arab dinyatakan أنا ستي.

أنتَ

Adalah kata ganti orang kedua tunggal bermakna "kamu" (laki-laki)

أنتَ digunakan untuk menyatakan kata "kamu" dalam bahasa Arab, khusus untuk menunjuk laki-laki. Seperti Ahmad berkata :"kamu Umar", maka Ahmad berkata : أنتَ عمر. Atau siti berkata : "kamu Amru", maka Siti berkata : أنتَ عمرو.

أنتِ

Adalah kata ganti orang kedua tunggal bermakna "kamu" (perempuan)

أنتِ digunakan untuk menyatakan kata "kamu" dalam bahasa Arab, khusus untuk menunjuk perempuan. Seperti Ahmad berkata :"kamu Siti", maka Ahmad berkata : أنتِ ستى. Atau siti berkata : "kamu Aisyah", maka Siti berkata : أنتِ عائشة

Tidak ada komentar: